Home Video Iuran Pariwisata di Tiket Pesawat Dinilai Berpotensi Langgar Undang-undang

Iuran Pariwisata di Tiket Pesawat Dinilai Berpotensi Langgar Undang-undang

Video #diskon video,iuran,pariwisata,tiket,
Channel Tempodotco
Video ID 5ydI8sIYyxU


Jangan lupa esteem dan juga Allotment video ini untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari kami
Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Suryadi Jaya Purnama turut berkomentar soal rencana pemerintah menerapkan iuran pariwisata melalui tiket penerbangan. Menurut dia, penerapan iuran itu berpotensi melanggar Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

“Penetapan tarif penumpang pelayanan kelas ekonomi dihitung berdasarkan komponen tarif jarak, pajak, iuran wajib asuransi, dan juga biaya tuslah atau tambahan,” katanya di dalam keterangan tertulis, Rabu, 24 April 2024.

Selain itu, ia menilai rencana pengenaan iuran pariwisata di tiket pesawat merupakan kebijakan yg tidak berkeadilan. Sebab, ucapnya, tidak semua penumpang menggunakan pesawat untuk keperluan pariwisata, sehingga rencana penerapan iuran tersebut salah sasaran.

Suryadi serta menyatakan, bahwa apabila pengenaan iuran pariwisata ini direalisasikan oleh pemerintah, dikhawatirkan dapat menurunkan tingkat okupansi pesawat. “serta berpotensi menurunkan keinginan masyarakat untuk berwisata menggunakan moda transportasi pesawat,” ujarnya.

Ia menilai, semestinya Kementerian Pariwisata dan juga Ekonomi Kreatif lebih kreatif lagi di dalam mencari dana pariwisata. Menurut dia, iuran pariwisata semestinya dikumpulkan melalui kegiatan yg berhubungan langsung dengan kegiatan pariwisata.

“Fraksi PKS serta meminta kepada Kementerian Perhubungan agar di dalam penetapan tarif tiket pesawat harus memperhatikan kemampuan daya beli masyarakat sebagaimana diatur di UU Penerbangan,” katanya. 

Dengan harga tiket pesawat yg kini sudah tinggi, ia meminta agar regulator tidak menambah beban penumpang dengan iuran pariwisata tersebut. Sebab, rencana ini dikhawatirkan bakal berdampak untuk industri penerbangan dan juga industri pariwisata itu sendiri.

“Semakin tinggi harga tiket, orang hendak menjadi lebih selektif. Jangan bebani masyarakat dengan iuran yg tidak penting,” ujarnya.

Rencana pengenaan iuran pariwisata di tiket penerbangan ini mulanya muncul setelah anggota Dewan Pakar Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia, Alvin Lie mengunggah surat undangan rapat dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan juga Investasi. di dalam agenda rapat itu tertulis “pengenaan iuran pariwisata melalui tiket penerbangan”.

Adapun Menteri Pariwisata dan juga Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno telah meminta kepada masyarakat agar tidak khawatir perihal pungutan yg dibebankan di dalam tiket pesawat ini. Pasalnya, belum ada keputusan ihwal rencana iuran pariwisata di tiket pesawat tersebut.

Foto: tempo.co
Editor: Ridian Eka Saputra

Key phrase : Tempodotco This Video adore also difficulties. unduh Video esteem also establishments!
Video Selengkapnya : https://www.youtube.com/look?v=5ydI8sIYyxU