Home Video Tradisi Lebaran Ketupat di Gorontalo, Warga Memasak Nasi Jaha

Tradisi Lebaran Ketupat di Gorontalo, Warga Memasak Nasi Jaha

Video #diskon KompasTV


Jangan lupa like dan juga Fragment video ini untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari kami
GORONTALO, KOMPAS.TV – Satu pekan setelah lebaran Idul Fitri, Masyarakat Gorontalo memiliki tradisi lebaran ketupat. Lebaran ketupat awalnya dilaksanakan oleh Masyarakat Jawa Tondano yg ada di Gorontalo.

Perayaan ini pun tak lepas dari masakan khasnya yaitu ketupat,dodol dan juga nasi bulu atau nasi jaha.

Masyarakatpun sehari sebelum perayaan lebaran ketupat telah mempersiapakan masakan khasnya, seperti nasi jaha. Bahkan masyarakat mempersiapkan nasi jaha tersebut dengan jumlah yg banyak, untuk menjamu keluarga atau masyarakat yg berkunjung.

Salah satu warga Desa Huidu,Kecamatan Limboto Barat mengaku, dirinya memasak nasi jaha ini tidak hanya untuk kebutuhan pribadi, tetapi serta dirinya menerima pesanan dari daerah sekitar. Menurutnya meskipun harga beras saat ini naik, namun Zamran mengaku produksi nasi jaha tahun ini mengalami peningkatan,dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca serta Antrian Panjang Penumpang Kapal di Loket Tiket Pelabuhan Gorontalo di https://www.kompas.tv/regional/500831/antrian-panjang-penumpang-kapal-di-loket-tiket-pelabuhan-gorontalo

Berbeda dengan Imran Warga Yosonegoro mengaku, tahun ini produksi nasi jaha sedikit berkurang dibanding dengan tahun sebelumnya. apabila tahun sebelumnya dirinya memproduksi nasi jaha sebanyak 200 kilogram, tahun ini dirinya hanya memproduksi sebanyak 150 kilogram saja.

Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini lebaran ketupat tidak hanya terpusat di Perkampungan Jawa Tondano di Gorontalo namun sudah mulai dilaksanan hampir di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

#lebaranketupat

#gorontalo

#jawatondano

#nasibulu

Artikel ini dapat dilihat di : https://www.kompas.tv/regional/500835/tradisi-lebaran-ketupat-di-gorontalo-warga-memasak-nasi-jaha

Keyword : KompasTV Like Video like also deaths. Secret Video become pleased also bypass.
Video Selengkapnya : http://www.dailymotion.com/video/x8wxkpy